Minggu, 06 Oktober 2013

Mengenal Class, Method, Constructor, Modifier & Object pada Java





Dasar Teori:
Atribut adalah keadaan yang dimiliki oleh objek. Sedangkan method adalah apa – apa yang menurut subjek harus dapat dilakukan objek. Method yang dimiliki objek berkelas mobil dapat berupa cara menghidupkan mesin dan cara mengoper persneling.

Defenisi dari Class, Method, Constructor, Modifier, dan Object secara sederhana ialah:
Ø  CLASS
Kelas pada Java didefenisikan dengan menggunakan kata kunci class. Berikut ini merupakan deklarasi kelas pada Java :

{modifier1} class Namakelas [modifier2] {
Class body;} 

Ø  METHOD
Method digunakan untuk memodularisasi program pemisah satu tugas menjadi satu unit tersendiri. Berikut ini meupakan deklarasi method pada Java :

[modifier1] tipe NilaiKembalian namaMethod (parameter input) {
Method body;
}

Ø  CONSTRUCTOR 
Constructor  merupakan method yang namanya sama dengan nama kelas dimana method itu berada. Constructor digunakan untuk menginisialisasi nilai awal (memberikan nilai default) pada atribut – atribut yang dimiliki oleh suatu objek saat objek itu pertama kali dibuat.
Ø  MODIFIER
Modifier adalah sifat yang dimiliki oleh setiap atribut, method maupun kelas dalam Java . Modifier akses adalah modifier yang selalu digunakan, modifier akses terdiri dari private, default, protected, dan public.

Ada beberapa modifier penting lainnya, yaitu:

a.         Static  yaitu modifier yang digunakan agar suatu atribut maupun method dapat diakses oleh Objek atau kelas meski tanpa dilakukan instansi terhadap kelas dimana atribut maupun method itu berada, method main adalah salah satu contoh method modifier static yang sering digunakan.
b.         Final yaitu modifier yang digunakan untuk mencegah kemungkinan modofikasi terhadap atribut maupun method, dengan modifier ini suatu atribut akan berlaku sebagai konstanta.

Ø   OBJEK
Sebuah kelas dapat digunakan untuk membuat banyak objek, setiap objek dapat diperlakukan secara berbeda oleh objek – objek lain yang menggunakannya. Dibutuhkan operatir new untuk membuat objek dari suatu kelas.

Objek dibuat dengan cara menuliskan :

1.       NamaKelas NamaObjek = new NamaConstructor();
2.       NamaKels NamaObjek;
    NamaObjek = new NamaConstructor();

Berikut Contoh kasus yang menggunakan class, method, constructor, modifier, dan objek:
public class Disket {
    int panjang = 10;
    final int LEBAR =10;
    String warna = "kuning";
    String bentuk = "segiempat";
    String data = " ";
    Disket() {
                        panjang = 100;
    }
    Disket(int panjang1) {
                        this.panjang = panjang1;
    }
    void simpanData(String data1) {
            this.data += data1;
    }
    void hapusData() {
            data = " ";
    }
    String bacaData() {
            return data;
    }
}
Penjelasan kode :
          Kode di atas terdir dari modifier, konstanta, atribut, parameter beserta nama parameternya, dan juga method. Yang mana kelas disket ini bukanlah merupakan kelas utama, karena tidak memiliki fungsi utama. Dan kelas disket ini tidak memiliki output.
Kode kelas utama :
class MainDisket{
    public static void main (String[] args) {
            Disket disk1 = new Disket(50);
            System.out.println("Panjang disket = "+ disk1.panjang);
            System.out.println("Lebar disket = "+ disk1.LEBAR);
            System.out.println("Warna disket = "+ disk1.warna);
            System.out.println("Bentuk disket = "+ disk1.bentuk);
            System.out.println("data mula-mula = "+disk1.bacaData());
            disk1.simpanData("Belajar Java");
            System.out.println("Setelah SimpanData = "+disk1.bacaData());
            disk1.hapusData();
            System.out.println("Setelah hapusData = "+disk1.bacaData());
    }
}
       Kode pada kelas maindisket ini adalah untuk menampilkan output dari semua kode yang terdapat padda kelas disket, kelas ini merupakan kelas utama karena memiliki fungsi utama. Dan output dari kode program ini adalah :
Panjang disket = 10 
Lebar disket =10 
warna disket = kuning
Bentuk disket = Segiempat
Data mula-mula = 
Setelah SimpanData = Belajar Java
Setelah HapusData=
Press any key to cntinue...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar