1.
PACKAGE
Pengertian package
Package adalah sebuah sarana untuk
mengelompokan atau mengorganisasikan kelas dan interface yang sama atau
sekelompok menjadi satu unit tunggal dalam library. Secara fisik, package
dapat berupa folder yang berisi file file/kelas interface/enum lain yang
kegunaannya hampir sama sehingga patut untuk dikelompokan. Package mempengaruhi
mekanisme hak akses ke kelas didalamnya.
Ketentuan
·
1
package adalah 1 subfolder di file system
·
Package
sangat berguna untuk mengorganisir file dalam suatu Project atau library
·
Nama
package menggunakan lowercase
·
Keyword:
package name;
Package
digunakan untuk mengelompokkan file kelas (*.class) yang terkait (karena
jenisnya, fungsinya atau karena alasan lainnya) pada direktori yang sama,
dimana didalam setiap kelasnya terdapat directve (statemen java dalam source
code yang digunakan untuk membuat kelas) package yang mengacu pada directori
tersebut.
Deklarasi
package :
Package
namaPackage;
Secara
umum, bila ingin menggunakan kelas yang telah dideklarasikan dan dikompile ke
dalam suatu package, maka anda perlu membubuhkan pernyataan import pada kelas
pemanggil tersebut.
Deklarasi
import:
1.
Mendeklarasikan penggunaan kelas
suatu package satu persatu
Import
namaPackage.namaKelas;
2.
Mendeklarasikan penggunaan semua
kelas suatu package
Import
namaPackage.*;
B.
JAVA KELAS
Kelas Dalam Java
Class
adalah
struktur dasar OOP yang terdiri dari atribut/field/property method. Kelas merupakan salah satu konsep
fundamental pemrograman ber-orientasi objek. Kelas dapat diilustrasikan sebagai
suatu cetak biru(blueprint) atau prototipe yang digunakan untuk menciptakan
objek.
Ó Kelas
String
String merupakan kelas yang
menangani deretan karakter. Kelas ini mendukung sejumlah method yang sangat
berguna memanipulasi string.
Beberapa method dalam kelas string adalah:
·
Char charAt(int indeks)
·
boolean equals(Object anObject)
·
boolean equalsIgnoreCase(String anString)
·
int lenght()
·
string toLowerCase()
·
string toUpperCase()
·
string trim()
Ó Kelas Math
Math
adalah kelas
yang terdapat pada paket java.lang yang berguna untuk melakukan berbagai
operasi matematika. Kelas Math memiliki banyak fungsi
statik. Beberapa yang penting di antaranya:
- Math.abs(x), menghitung nilai mutlak (absolut) dari x. Nilai mutlak bilangan negatif adalah bilangan positif, dan bilangan positif tetap bilangan positif.
- Fungsi trigonometri Math.sin(x), Math.cos(x), and Math.tan(x). (Untuk semua fungsi trigonometri, sudut memiliki satuan radian, bukan derajat)
- Fungsi trigonometri inverse, yang mencari sudut dari suatu nilai trigonometric, kebalikan dari fungsi trigonometri, seperti arcus sin, arcus cos, dan arcus tangen. Math.asin(x), Math.acos(x), and Math.atan(x).
- Math.exp(x), menghitung pangkat dari bilangan natural e, atau ex. Dan logaritma natural loge x atau ln x bisa dihitung dengan menggunakan fungsi Math.log(x).
- Math.pow(x,y) menghitung xy atau x pangkat y
- Math.floor(x) menghitung pembulatan ke bawah dari suatu bilangan riil, misalnya 3.84 akan dibulatkan ke bawah menjadi 3.0
- Math.random() memilih bilangan acak di antara 0.0 dan 1.0. Komputer memiliki algoritma perhitungan tertentu yang hasilnya bilangan acak (meskipun bulan bilangan yang betul-betul acak, tetapi cukup untuk kebanyakan fungsi)
LANGKAH-LANGKAH PRAKTIKUM
A.
Manusia.java
//file Manusia harus berada dalam berada dalam folder
makhlukhidup
package makhlukhidup;
public class Manusia{
public String nama="";
public Manusia(String nama){
this.nama=nama;
}
}
B.
Tumbuhan.java
//file Tumbuhan harus beada dalam folder makhlukhidup
package makhlukhidup;
public class Tumbuhan{
public String nama="";
public Tumbuhan (String nama){
this.nama=nama;
}
}
C. Burung.java
//file Burung harus berada dalam folder makhlukhidup/hewan
package makhlukhidup.hewan;
public class Burung{
public static final boolean bisaTerbang=true;
public String nama="";
public Burung (String nama){
this.nama=nama;
System.out.println("Nama burung : "+nama);
}
}
D.
MainMakhlukHidup.java
//file MainMakhlukHidup harus berada dalam folder Meet6
public class MainMakhlukHidup {
public static void main(String [] args){
makhlukhidup.Manusia m=new makhlukhidup.Manusia
("Sayuti");
System.out.println("nama: "+m.nama);
makhlukhidup.Tumbuhan t=new
makhlukhidup.Tumbuhan ("Palem");
System.out.println("nama:"+t.nama);
System.out.println("Semua burung pasti bisa terbang?" +
makhlukhidup.hewan.Burung.bisaTerbang);
makhlukhidup.hewan.Burung b=new
makhlukhidup.hewan.Burung("Beo");
}
}
output :
E.
MainMakhlukHidupPakeImport.java
//file MainMakhlukHidup harus berada dalam folder Meet 6
import makhlukhidup.*;
import makhlukhidup.hewan.*;
public class MainMakhlukHidupPakeImport{
public static void main (String [] args){
Manusia m=new Manusia ("Sayuti");
System.out.println("nama:"+m.nama);
Tumbuhan t=new Tumbuhan("Palem");
System.out.println("nama:"+t.nama);
System.out.println ("Semua burung pasti bisa
terbang
?"+Burung.bisaTerbang);
Burung b=new Burung("Beo");
}
}
F.
ContohString.java
public class ContohString {
public static void main(String [] arqs) {
String Kalimat ="Selamat belajar JAVA";
System.out.println("toUpperCase :
"+Kalimat.toUpperCase());
System.out.println("toLowerCase :
"+Kalimat.toLowerCase());
System.out.println("Jumlah Karakter : "+Kalimat.length());
System.out.println("Karakter index ke 0 : "
+Kalimat.charAt(0));
System.out.println("substring(16,20)
: "
+Kalimat.substring(16,20));
System.out.println("Karakter index ke 0 : "
+Kalimat.trim());
}
}
output :
G.
OpMatematika.java
public class OpMatematika {
public static void main(String[] arqs) {
System.out.println("E
= " +Math.E);
System.out.println("PI
= " +Math.PI);
System.out.println("Ln
20 =
" +Math.log(20.0));
System.out.println("ceil(-5.6) =
" +Math.ceil(-5.6));
System.out.println("floor(-5.6) =
" +Math.floor(-5.6));
System.out.println("round(-5.6) =
" +Math.round(-5.6));
System.out.println("sqrt(25) =
" +Math.sqrt(25));
System.out.println("pow(25,0.5)
= " +Math.pow(25,0.5));
}
}
output :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar